Minggu, 08 Januari 2012

Jenis Olahraga yang dapat Tingkatkan Prestasi Belajar Anak

,

Jenis Olahraga yang dapat Tingkatkan Prestasi Belajar Anak


Anak-anak tidak saja perlu belajar giat untuk mempunyai nilai rapor yang baik di sekolah. Yang juga penting diperlukan dan sekarang ini banyak dilupakan, yaitu olahraga. Dengan olahraga, selain menjaga tubuh tetap sehat, tidak mudah sakit, dapat juga meningkatkan prestasi belajar.http://topartikel-kesehatan.blogspot.com/2012/01/jenis-olahraga-yang-dapat-tingkatkan.html
Penelitian ini dilakukan terhadap 500 anak yang berusia 7 hingga 11 tahun yang bersekolah di Illionis, Amerika Serikat. Mereka diberikan serangkaian olahraga seperti lari cepat, push-up, sit up dan lainnya. Sedang untuk test pemikiran, diberikan serangkaian gambaran dan mereka harus memilih gambar yang tidak pernah mereka lihat sebelumnya dengan menekan tombol yang ada di depan mereka.

Hasilnya, anak-anak yang mempunyai nilai tertinggi dalam olahraga, terutama dalam lari cepat, mempunyai kecenderungan juga untuk mempunyai nilai tertinggi dalam test pemikiran dan kecepatan dalam menekan tombol untuk gambar yang salah.

Dari test pada aktifitas otak juga menunjukkan bahwa anak-anak yang mempunyai kondisi tubuh yang paling fit cenderung mempunyai kemampuan dalam memusatkan perhatian yang lebih baik. Sehingga tidak heran bila mereka akan mempunyai prestasi yang lebih baik di sekolah.

Hasil penelitian ini dikemukan dalam pertemuan tahunan perkumpulan peneliti psikofisiologikal di Santa Fe, Meksiko.
 

Top Artikel Kesehatan Powered By Blogger Theme Desain By Ellin Nurlina